CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                 : SMA NEGERI 12 TANGERANG
Mata Pelajaran     : SOSIOLOGI
Kelas/Semester    : XI/1
Peminatan             : Ilmu-Ilmu Sosial
Materi Pokok        : Kelompok Sosial
Alokasi Waktu      :  45 menit

I.          Kompetensi Inti SMA Kelas XI
KI 1  :  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3  :  Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :  Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

II.       Kompetensi Dasar 
1.1  Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghormati agama lain
2.1  Mensyukuri keberadaan diri dan keberagaman sosial sebagai anugerah Tuhan Yang   Maha Kuasa
3.1   Memahami pengertian kelompok sosial dalam masyarakat
4.1  Mendeskripsikan  berbagai kelompok sosial dalam masyarakat

III.   Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, mengasosiasi, mengomunikasikan dan berdiskusi peserta didik dapat :
·   Memahami perbedaan pendapat dari para ahli mengenai pengertian kelompok sosial.
·   Mengkomunikasikan hasil kesimpulan pengertian kelompok sosial berdasarkan pendapat para ahli.
·   Menyebutkan serta memahami syarat dan ciri-ciri terbentuknya kelompok sosial.
·   Memahami dasar terbentuknya kelompok sosial.
·   Mengklasifikasikan macam-macam kelompok sosial.
·   Menganalisis pola hubungan kelompok dikaitkan dengan realita di masyarakat dengan menyertakan bukti berupa gambar atau ilustrasi.

IV.     Materi Pembelajaran
Kelompok Sosial

V.   Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
·      Pendekatan                             : Saintifik
·      Strategi                                    : Pembelajaran Koperatif
·      Metode Pembelajaran            : Kajian Pustaka, Diskusi, Presentasi

VI.   Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
·         Media/alat                     : LCD proyektor, Laptop
·         Sumber Pembelajaran            : Gambar, audio-visual,

VII.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
ü  Apersepsi: Guru menunjukan gambar kelompok sosial (misalnya; keluarga, kumpulan orang di pasar, kumpulan supporter, dll) dan bertanya apakah siswa mengetahui maksud gambar tersebut.
ü  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
ü  Peserta didik diminta menjelaskan pengertian kelompok sosial menurut pemahaman mereka.
10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
ü  Peserta didik dibagi kedalam kelompok 6-7 orang.
ü  Secara berkelompok peserta didik diminta  membaca buku teks dan sumber bacaan lainnya tentang pengertian kelompok menurut pendapat tokoh sosiologi
Menanya
ü  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya pengertian kelompok sosial menurut beberapa ahli
ü  Guru bertanya tentang pendapat para ahli terkait dengan pengertian kelompok sosial.
ü  Peserta didik diminta untuk mempelajari syarat dan ciri kelompok sosial.

Mencoba
ü  Kelompok diminta untuk mendiskusikan ciri dan syarat kelompok sosial.
Mengasosiasi
ü  Peserta didik diminta untuk menganalisis kesimpulan yang telah mereka buat jika dilihat dari kehidupan kelompok di lingkungan sekitar
Mengomunikasikan
ü  Setiap kelompok diberi kesempatan menyampaikan hasil kesimpulan dan analisis yang telah dibuat dalam bentuk lisan yang disampaikan di forum kelas.
ü  Guru menilai kemampuan siswa berkomunikasi

30 menit
Penutup
ü  Peserta didik menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran.
ü  Memberikan tugas untuk membuat video mengenai kelompok sosial yang ada di masyarakat sekitar.
ü  Guru memberikan evaluasi.
5 menit








Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ANAK TUNANETRA

NILAI RUJUKAN KURIKULUM

SIMULASI MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DAN KREATIF