CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah
: SMA NEGERI 12 TANGERANG
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
Kelas/Semester : XI/1
Peminatan
: Ilmu-Ilmu Sosial
Materi
Pokok : Kelompok Sosial
Alokasi Waktu : 45
menit
I.
Kompetensi Inti SMA Kelas XI
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
II. Kompetensi Dasar
1.1 Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghormati agama lain
2.1 Mensyukuri keberadaan diri dan keberagaman sosial sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Kuasa
3.1 Memahami pengertian kelompok sosial dalam masyarakat
4.1 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat
III. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari
informasi, menanya, mengasosiasi, mengomunikasikan dan berdiskusi peserta didik
dapat :
·
Memahami perbedaan pendapat dari para ahli mengenai pengertian
kelompok sosial.
·
Mengkomunikasikan hasil kesimpulan pengertian kelompok
sosial berdasarkan pendapat para ahli.
·
Menyebutkan serta memahami syarat dan ciri-ciri terbentuknya
kelompok sosial.
·
Memahami dasar terbentuknya kelompok sosial.
·
Mengklasifikasikan macam-macam kelompok sosial.
·
Menganalisis pola hubungan kelompok dikaitkan
dengan realita di masyarakat dengan menyertakan bukti berupa
gambar atau ilustrasi.
IV. Materi Pembelajaran
Kelompok Sosial
V. Pendekatan, Strategi
dan Metode Pembelajaran
·
Pendekatan
: Saintifik
·
Strategi :
Pembelajaran Koperatif
·
Metode
Pembelajaran : Kajian Pustaka,
Diskusi, Presentasi
VI. Media, Alat dan Sumber
Pembelajaran
·
Media/alat :
LCD
proyektor, Laptop
·
Sumber Pembelajaran :
Gambar, audio-visual,
VII. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
ü Apersepsi:
Guru menunjukan gambar kelompok sosial (misalnya; keluarga, kumpulan
orang di pasar, kumpulan supporter, dll) dan bertanya apakah siswa mengetahui maksud
gambar tersebut.
ü Guru
menyampaikan
tujuan pembelajaran.
ü Peserta
didik diminta menjelaskan pengertian kelompok sosial menurut
pemahaman mereka.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
ü Peserta
didik dibagi kedalam kelompok 6-7 orang.
ü Secara
berkelompok peserta didik diminta membaca buku teks dan sumber bacaan
lainnya tentang pengertian kelompok menurut pendapat tokoh sosiologi
Menanya
ü Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya pengertian kelompok sosial
menurut beberapa ahli
ü Guru bertanya tentang
pendapat para ahli terkait dengan pengertian kelompok sosial.
ü Peserta didik diminta
untuk mempelajari syarat dan ciri kelompok sosial.
Mencoba
ü Kelompok diminta untuk
mendiskusikan ciri dan syarat kelompok sosial.
Mengasosiasi
ü Peserta
didik diminta untuk menganalisis kesimpulan yang telah mereka buat jika dilihat
dari kehidupan kelompok di lingkungan sekitar
Mengomunikasikan
ü Setiap
kelompok diberi kesempatan menyampaikan hasil kesimpulan dan analisis yang
telah dibuat dalam bentuk lisan yang disampaikan di forum kelas.
ü Guru menilai kemampuan
siswa berkomunikasi
|
30
menit
|
Penutup
ü Peserta
didik menyimpulkan
dan merefleksi pembelajaran.
ü Memberikan tugas untuk membuat
video mengenai kelompok sosial yang ada di masyarakat sekitar.
ü Guru
memberikan evaluasi.
|
5
menit
|
Komentar
Posting Komentar