SUMBER BELAJAR IPS ABK

BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Secara umum kegiatan belajar adalah suatu proses kegiatan dari tidak tahu  menjadi , tidak mengerti menjadi mengerti dan bisa secara optimal. Belajar belajar adalah sebuah proses didalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut ditampakan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya alter,dan kemampuan-kemampuan.
Pentingnya sumber balajar dalam kegiatan pembelajaran tidak dapat dipungkiri lagi. Salah satu hal alternative dalam masalah pendidikan yaitu dengan menggunakan sumber-sumber belajar. Karena di dalam suatu kegiatan proses belajar mengajar pendidik haruslah pandai dalam menyampaikan materi dipelajaran tersebut. Bahan sumber belajar sangat banyak sekali yang bisa kita temui mulai dari tempat atau pun lingkungan disekitar yang bisa kita jadikan sumber belajat. Akan tetapi, masih banyak yang belum memaksimalkan dalam artian menggunakan secara maksimal sumber-sumber belajar di lembaga pendidikan. Dalam makalah ini penulis mencoba untuk mebahas tentang pengertian, tujuan, dan manfaat sumber belajar.

B.     Rumusan masalah
1.      Apa pengertian sumber belajar?
2.      Apa tujuan sumber belajar?
3.      Apa manfaat sumber belajar?

C.    Tujuan
1.      Mengetahui pengertian sumber belajar.
2.      Mengetahui tujuan belajar.
3.      Mengetahui manfaat sumber belajar

BAB II
LANDASAN TEORI

Menurut beberapa para ahli sumber belajar mememiliki pengertian atau definisi yang berbeda- beda, antar lain :
·         Menurut Association Educational Comunication and Tehnology AECT (As’ari, 2007),
sumber  belajar yaitu berbagai atau semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapatdigunakan siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi sehingga mempermudahsiswa dalam mencapai tujuan belajar.
·         Sumber belajar menurut  AECT (Suratno, 2008) ,meliputi semuasumber yang dapat
digunakan oleh pelajar baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan, biasanya dalam situasi informasi, untuk memberikan fasilitas belajar. Sumber itu meliputi pesan, orang, bahan, peralatan, teknik dan tata tempat.
·         Menurut, Ahmad Sudrajat  Sumber belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupadata, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secaraterpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu.

Dari beberapa pengertian sumber belajar diatas, dapat dikatakan sumber belajar begitu banayak kaitanya, lebih luas dan kompleks lebih dari sekedar media pembelajaran. Dengan ini guru bukan hanya atu-satunya sumber belajar tetapi hanya salah sat dari berbagai macam sumber belajar. 
Dengan demikian sumber belajar adalah segala suatu macam yang dapat dipergunakan untuk memberikan informasi maupun keterampilan kepada peserta didik dan pendidik dalam kegiatan memudahkan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan belajar atau kompotensi tertentu.

BAB III

PEMBAHASAN

A.    Sumber belajar
Dapat dilihat setelah melihat uraian BAB II dapat diketahui sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk mempelajari bahan dan pengalaman belajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.
B.     Tujuan sumber belajar
Ada beberapa tujuan sumber belajar , sebagai berikut :
Menurut segi pengembangannya, sumber belajar ada dua macam, yaitu;
·         Learning Resources by design (sumber belajar yang dirancang  sengaja dipergunakan untuk keperluan pengajaran, atau setelah diadakan seleksi).
·         Lerning Resources by utilitarian (sumber belajar yang tidak dirancang untuk kepentingan tujuan belajar/pengajaran), yaitu segala macam sumber belajar (lingkungan) yang ada disekeliling sekolah dimanfaatkan guna memudahkan peserta didik yang sedang belajar. Sifatnya insidental/seketika. Misalnya tokoh, pahlawan, masjid, pasar dan sebagainya.

Sumber belajar akan menjadi bermakna bagi peserta didik maupun guru apabila sumber belajar diorganisir melalui satu rancangan yang memungkinkan seseorang dapat memanfaatkannya sebagai sumber belajar. Jika tidak maka tempat atau lingkungan alam sekitar, benda, orang, dan atau buku hanya sekedar tempat, benda, orang atau buku yang tidak ada artinya apa-apa.
Tempat, benda, orang, bahan, buku, peristiwa dan fakta tidak akan menjadi sumber belajar yang bermakna bagi peserta didik maupun guru apabila tidak diorganisasi melalui satu rancangan yang memungkinkan seseorang dapat memanfaatkannya sebagai sumber belajar. Jika tidak,  maka tempat atau lingkungan alam sekitar, benda, orang, dan atau buku hanya sekedar tempat, benda, orang atau buku yang tidak bermakna apa-apa.

C.     Manfaat sumber belajar
Adapun pemanfaatan sumber belajar adalah:
1.      Sumber belajar yang dapat diperoleh secara alamiah dari lingkungan terdekat anak.
2.       Sumber belajar yang terdiri atas bermacam-macam alat belajar seperti alat peraga, alat permainan ,buku pegangan , peralatan seni, model-model bagian tubuh dan banyak lagi yang dapat dikumpulkan da ditaruh disesuatu tempat atau ruang
3.      Sumber belajar yang berupa tempat-tempat yang kita kunjungi
4.       Perpustakaan dengan semua media cetak dan audio visualnya
5.      Yang tidak boleh kita lupakan adalah para sumber belajar dari berbagai ilmu.

Manfaat sumber belajar antara lain :
1.      Memberi pengalaman belajar secara langsung dan konkret kepada peserta didik.
2.      Dapat menyajikan sesuatu yang tidak mungkin diadakan, dikunjungi, atau dilihat secara langsung dan konkret.
3.      Dapat menambah dan memperluas cakrawala sajian yang ada di dalam kelas
4.      Dapat member informasi yang akuarat dan terbaru

Adapun manfaat dan tujuan dari sumber belajar itu sendiri adalah:
1.      Selama pengumpulan informasi terjadi kegiatan berpikir yang kemudian akan menimbulkan pemahaman yang mendalam dalam belajar (McFarlane, 1992).
2.      Mendorong terjadinya pemusatan perhatian terhadap topic sehingga membuat peserta didik menggali lebih banyak informasi dan menghasilkan hasil belajar yang lebih bermutu (Kulthan, 1993).
3.      Meningkatkan ketrampilan berpikir seperti keterampilan dalam memecahkan persoalan.
Berikut ini adalah beberapa manfaat sumber belajar menurut Depdiknas (1983:7) dalam Karwono (2000), yaitu :
1.      Sumber belajar dapat memberikan perjalanan belajar yang kongkrit dan langsung kepada pelajarnya.
2.       Sumber belajar menyajikan sesuatu yang tidak mungkin diadakan atau dikunjungi dan dilihat secara langsung oleh siswa.

3.       Sumber belajar dapat menambah dan memperluas cakrawala sajian yang ada di dalam kelas.
4.      Sumber belajar dapat memberikan informasi yang akurat dan terbaru.
5.      Sumber belajar dapat memecahkan masalah pendidikan aau pengajaran baik di lingkungan mikro maupun di lingkungan makro
6.      umber belajar dapat  memberikan motivasi yang positif.
7.      Sumber belajar dapat meranggsang untuk berfikir, bersikap dan berkembang lebih lanjut.
Menurut Rohani manfaat sumber belajar antara lain meliputi:
1.      Memberikan pengalaman belajar secara langsung dan konkret kepada pesert didik
2.      Dapat menyajikan sesuatu yang tidak mungkin diadakan, dikunjungi atau dilihat secara langsung dan konkret.
3.      Dapat menambah dan memperluas cakrawala sajian yang ada di dalam kelas
4.      Dapat memberi informasi yang akurat dan terbaru.
5.      Dapat membantu memecahkan masalah pendidikan (instruksional) baik dalam lingkup mikro maupun makro.
6.      Dapat memberi informasi yang positif, apabila diatur dan direncanakan pemanfaatannya secara tepat.
7.      Dapat merangsang untuk berpikir, bersikap dan berkembang lebih lanjut.

Adapun yang dapat saya lihat dari bab pembahasan sumber belajar bagi Anak Berkebutuhan Khusus sama halnya seperti anak pada umunya, yaitu dari segala sumber seperti :
Buku, lingkungan atau tempat, media ,alat peraga, ruang media pembelajaran.


BAB IV
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dari bebarapa bab diatas dapat saya simpulkan sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan atau digunakan seseorang unuk memfatilitasi segala kegiatan belajar, baik itu secara terpisah maupun secara terkombinasi agar dapat mempermudah seseorang dalam mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Adapun sumber belajar bagi anak berkebutuhan khusus yaitu seperti benda,buka. Tempat atau lingkungan, dan ruang media pembelajaran. Adapun yang utama dalam sumber belajar bagi anak berkebutuhan khusus yaitu dari seorang pendidik atau guru karna guru harus terampil dalam menyampaikan materi yang akan disampaikan oleh anak berkebutuhan khusus dengan modifakasi sumber belajar yang dilakukan oleh guru.

B.     Saran
Sumber belajar adalah komponen yangsangat penting bagi pembelajaran. Karena itu guru sangat berperan penting dalam proses belajar mengajar pada anak berkebutuhan khusus. Guru harus pintar memilih sumber belajar atau materi yang akan disampaikan oleh peserta didik, karena mengertinya peserta didik tersebut dalam suatu mata pelajaran itu tergantung dari bagaimana sang guru menyampaikan pengetahuan atau informasi yang guru punya atau ilmu yang dia miliki.


DAFTAR PUSTAKA


Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ANAK TUNANETRA

NILAI RUJUKAN KURIKULUM

SIMULASI MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DAN KREATIF