SUMBER BELAJAR IPS ABK
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Secara umum kegiatan belajar adalah
suatu proses kegiatan dari tidak tahu
menjadi , tidak mengerti menjadi mengerti dan bisa secara optimal.
Belajar belajar adalah sebuah proses didalam kepribadian manusia dan perubahan
tersebut ditampakan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah
laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman,
keterampilan, daya alter,dan kemampuan-kemampuan.
Pentingnya sumber balajar dalam
kegiatan pembelajaran tidak dapat dipungkiri lagi. Salah satu hal alternative
dalam masalah pendidikan yaitu dengan menggunakan sumber-sumber belajar. Karena
di dalam suatu kegiatan proses belajar mengajar pendidik haruslah pandai dalam
menyampaikan materi dipelajaran tersebut. Bahan sumber belajar sangat banyak
sekali yang bisa kita temui mulai dari tempat atau pun lingkungan disekitar yang
bisa kita jadikan sumber belajat. Akan tetapi, masih banyak yang belum
memaksimalkan dalam artian menggunakan secara maksimal sumber-sumber belajar di
lembaga pendidikan. Dalam makalah ini penulis mencoba untuk mebahas tentang
pengertian, tujuan, dan manfaat sumber belajar.
B.
Rumusan
masalah
1.
Apa pengertian sumber belajar?
2.
Apa tujuan sumber belajar?
3.
Apa manfaat sumber belajar?
C.
Tujuan
1.
Mengetahui pengertian sumber belajar.
2.
Mengetahui tujuan belajar.
3.
Mengetahui manfaat sumber belajar
BAB
II
LANDASAN
TEORI
Menurut
beberapa para ahli sumber belajar mememiliki pengertian atau definisi yang
berbeda- beda, antar lain :
·
Menurut
Association Educational Comunication and Tehnology AECT (As’ari, 2007),
sumber belajar yaitu berbagai atau semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu
yang dapatdigunakan siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun
terkombinasi sehingga mempermudahsiswa dalam mencapai tujuan belajar.
·
Sumber belajar menurut AECT
(Suratno, 2008) ,meliputi semuasumber yang dapat
digunakan
oleh pelajar baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan, biasanya dalam situasi
informasi, untuk memberikan fasilitas belajar. Sumber itu meliputi pesan,
orang, bahan, peralatan, teknik dan tata tempat.
·
Menurut, Ahmad Sudrajat Sumber
belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupadata, orang
dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik
secaraterpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik
dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu.
Dari
beberapa pengertian sumber belajar diatas, dapat dikatakan sumber belajar
begitu banayak kaitanya, lebih luas dan kompleks lebih dari sekedar media
pembelajaran. Dengan ini guru bukan hanya atu-satunya sumber belajar tetapi
hanya salah sat dari berbagai macam sumber belajar.
Dengan
demikian sumber belajar adalah segala suatu macam yang dapat dipergunakan untuk
memberikan informasi maupun keterampilan kepada peserta didik dan pendidik
dalam kegiatan memudahkan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan
belajar atau kompotensi tertentu.
BAB
III
PEMBAHASAN
A. Sumber
belajar
Dapat
dilihat setelah melihat uraian BAB II dapat diketahui sumber belajar adalah
segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk mempelajari bahan dan
pengalaman belajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.
B. Tujuan
sumber belajar
Ada
beberapa tujuan sumber belajar , sebagai berikut :
Menurut
segi pengembangannya, sumber belajar ada dua macam, yaitu;
·
Learning Resources by design (sumber
belajar yang dirancang sengaja dipergunakan untuk keperluan pengajaran,
atau setelah diadakan seleksi).
·
Lerning Resources by utilitarian (sumber
belajar yang tidak dirancang untuk kepentingan tujuan belajar/pengajaran),
yaitu segala macam sumber belajar (lingkungan) yang ada disekeliling sekolah
dimanfaatkan guna memudahkan peserta didik yang sedang belajar. Sifatnya
insidental/seketika. Misalnya tokoh, pahlawan, masjid, pasar dan sebagainya.
Sumber
belajar akan menjadi bermakna bagi peserta didik maupun guru apabila sumber
belajar diorganisir melalui satu rancangan yang memungkinkan seseorang dapat
memanfaatkannya sebagai sumber belajar. Jika tidak maka tempat atau lingkungan
alam sekitar, benda, orang, dan atau buku hanya sekedar tempat, benda, orang
atau buku yang tidak ada artinya apa-apa.
Tempat,
benda, orang, bahan, buku, peristiwa dan fakta tidak akan menjadi sumber
belajar yang bermakna bagi peserta didik maupun guru apabila tidak diorganisasi
melalui satu rancangan yang memungkinkan seseorang dapat memanfaatkannya
sebagai sumber belajar. Jika tidak, maka tempat atau lingkungan alam
sekitar, benda, orang, dan atau buku hanya sekedar tempat, benda, orang atau
buku yang tidak bermakna apa-apa.
C. Manfaat
sumber belajar
Adapun
pemanfaatan sumber belajar adalah:
1. Sumber
belajar yang dapat diperoleh secara alamiah dari lingkungan terdekat anak.
2. Sumber
belajar yang terdiri atas bermacam-macam alat belajar seperti alat peraga, alat
permainan ,buku pegangan , peralatan seni, model-model bagian tubuh dan banyak
lagi yang dapat dikumpulkan da ditaruh disesuatu tempat atau ruang
3. Sumber
belajar yang berupa tempat-tempat yang kita kunjungi
4. Perpustakaan
dengan semua media cetak dan audio visualnya
5. Yang
tidak boleh kita lupakan adalah para sumber belajar dari berbagai ilmu.
Manfaat
sumber belajar antara lain :
1. Memberi
pengalaman belajar secara langsung dan konkret kepada peserta didik.
2. Dapat
menyajikan sesuatu yang tidak mungkin diadakan, dikunjungi, atau dilihat secara
langsung dan konkret.
3. Dapat
menambah dan memperluas cakrawala sajian yang ada di dalam kelas
4. Dapat
member informasi yang akuarat dan terbaru
Adapun
manfaat dan tujuan dari sumber belajar itu sendiri adalah:
1. Selama
pengumpulan informasi terjadi kegiatan berpikir yang kemudian akan menimbulkan
pemahaman yang mendalam dalam belajar (McFarlane, 1992).
2. Mendorong
terjadinya pemusatan perhatian terhadap topic sehingga membuat peserta didik
menggali lebih banyak informasi dan menghasilkan hasil belajar yang lebih
bermutu (Kulthan, 1993).
3. Meningkatkan
ketrampilan berpikir seperti keterampilan dalam memecahkan persoalan.
Berikut
ini adalah beberapa manfaat sumber belajar menurut Depdiknas (1983:7) dalam
Karwono (2000), yaitu :
1. Sumber
belajar dapat memberikan perjalanan belajar yang kongkrit dan langsung kepada
pelajarnya.
2. Sumber
belajar menyajikan sesuatu yang tidak mungkin diadakan atau dikunjungi dan
dilihat secara langsung oleh siswa.
3. Sumber
belajar dapat menambah dan memperluas cakrawala sajian yang ada di dalam kelas.
4. Sumber
belajar dapat memberikan informasi yang akurat dan terbaru.
5. Sumber
belajar dapat memecahkan masalah pendidikan aau pengajaran baik di lingkungan
mikro maupun di lingkungan makro
6. umber
belajar dapat memberikan motivasi yang positif.
7. Sumber
belajar dapat meranggsang untuk berfikir, bersikap dan berkembang lebih lanjut.
Menurut
Rohani manfaat sumber belajar antara lain meliputi:
1. Memberikan
pengalaman belajar secara langsung dan konkret kepada pesert didik
2. Dapat
menyajikan sesuatu yang tidak mungkin diadakan, dikunjungi atau dilihat secara
langsung dan konkret.
3. Dapat
menambah dan memperluas cakrawala sajian yang ada di dalam kelas
4. Dapat
memberi informasi yang akurat dan terbaru.
5. Dapat
membantu memecahkan masalah pendidikan (instruksional) baik dalam lingkup mikro
maupun makro.
6. Dapat
memberi informasi yang positif, apabila diatur dan direncanakan pemanfaatannya
secara tepat.
7. Dapat
merangsang untuk berpikir, bersikap dan berkembang lebih lanjut.
Adapun
yang dapat saya lihat dari bab pembahasan sumber belajar bagi Anak Berkebutuhan
Khusus sama halnya seperti anak pada umunya, yaitu dari segala sumber seperti :
Buku,
lingkungan atau tempat, media ,alat peraga, ruang media pembelajaran.
BAB
IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari bebarapa bab diatas dapat saya simpulkan sumber
belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan atau digunakan seseorang
unuk memfatilitasi segala kegiatan belajar, baik itu secara terpisah maupun
secara terkombinasi agar dapat mempermudah seseorang dalam mencapai tujuan
belajar yang diinginkan. Adapun sumber belajar bagi anak berkebutuhan khusus
yaitu seperti benda,buka. Tempat atau lingkungan, dan ruang media pembelajaran.
Adapun yang utama dalam sumber belajar bagi anak berkebutuhan khusus yaitu dari
seorang pendidik atau guru karna guru harus terampil dalam menyampaikan materi
yang akan disampaikan oleh anak berkebutuhan khusus dengan modifakasi sumber
belajar yang dilakukan oleh guru.
B. Saran
Sumber
belajar adalah komponen yangsangat penting bagi pembelajaran. Karena itu guru
sangat berperan penting dalam proses belajar mengajar pada anak berkebutuhan
khusus. Guru harus pintar memilih sumber belajar atau materi yang akan disampaikan
oleh peserta didik, karena mengertinya peserta didik tersebut dalam suatu mata
pelajaran itu tergantung dari bagaimana sang guru menyampaikan pengetahuan atau
informasi yang guru punya atau ilmu yang dia miliki.
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar