MENGANALISIS FILM BEE MOVIE BERDASARKAN TEORI SOSIOLOGI

Sinopsis

Barry dan Benson sahabatnya baru saja lulus dari kuliahnya. Setelah lulus kuliah, Barry dan Benson di wajibkan harus bekerja di perusahaan penghasil madu Honex seperti tradisi turun temurun para lebah yang sudah lululs kuliah. Akan tetapi, Barry kurang berkeinginan untuk bekerja disana, karena dia ingin mencoba sesuatu yang baru.

Suatu hari saat dia pergi berpetualang ke dunia luar untuk menghisap madu, dia tidak sengaja terjebak di dunia manusia dan tidak bisa kembali. Akhirnya dia terpaksa melanggar larangan para lebah untuk tidak berbicara dengan manusia.

Barry berbicara dengan seorang wanita pemilik toko bunga bernama Vanessa yang kemudian bersedia membantu nya untuk kembali ke rumah. Barry dan Vanessa pun berteman. Suatu hari saat sedang berjalan-jalan dengan Vanessa, Barry menemukan fakta bahwa madu milik para lebah telah diambil secara paksa oleh manusia. Tentu saja Barry tidak terima, lalu dia pun mengajukan tuntutan ke pengadilan dengan dibantu Benson sahabatnya dan Vanessa.

Hasil dari pengadilan tersebut, di putuskan bahwa pemenangnya adalah kaum lebah. Dan manusia wajib mengembalikan semua madu yang ada kepada para lebah. Akan tetapi, karena stok madu yang melimpah justru menimbulkan masalah baru. Para lebah menjadi tidak mempunyai pekerjaan karena mereka sudah memiliki madu yang melimpah. Ekosistem di alam pun mulai tidak seimbang karena para lebah tidak pernah menebar serbuk sari lagi untuk semua tumbuhan. Sehingga semua bunga-bunga yang ada mati.

Barry akhirnya menyesal dengan keputusan yang dibuat nya. Akhirnya ia mencabut lagi keputusan pengadilan, sehingga para manusia bisa lebih leluasa mengambil madu milik para lebah.


Analisis teori-teori Karl Marx yang terdapat di dalam film ini:

1. Teori Karl Marx tentang sistem kelas sosial antara proletariat dan borjuis dalam ekonomi kapitalisme

   Disini tergambar jelas ketika para lebah yang baru lulus kuliah (kaum proletar) di wajibkan untuk bekerja seumur hidup di perusahaan madu Honex (kaum borjuis). Ketika salah satu lebah mati, mereka akan segera di ganti oleh perusahaan tanpa mengenal belas kasihan. Mereka tidak peduli kaum proletar tersiksa asalkan mereka dapat menghasilkan sesuatu yang besar untuk para borjuis. Seperti inilah sistem kapitalisme yang dijabarkan Karl Marx.

2. Teori dominasi dan eksploitasi
   Para lebah penguasa pabrik (kaum borjuis) memaksa para lebah (kaum proletar) untuk bekerja seumur hidup demi menghasilkan madu yang lebih banyak. Barry yang sebenarnya tidak ingin bekerja disana, tetap di haruskan bekerja disana karena itu adalah satu-satunya pilihan yang ada.

3. Kesadaran kelas dalam teori kelas
  Di gambarkan saat Barry mulai berpikir untuk tidak bekerja di Honex. Karena Barry mulai sadar bahwa Honex bukan satu-satunya pekerjaan yang bisa dia dapatkan.

4. Perlawanan kelas/revolusi
  Digambarkan saat Barry tidak terima madu milik para lebah (kaum proletar) diambil oleh manusia (kaum borjuis). Akhirnya para lebah menuntut manusia di pengadilan, sehingga para lebah lah yang menang dalam perlwanan tersebut. Manusia wajib mengembalikan semua madu milik para lebah

5. Teori borjuis mengubur diri
  Tergambar saat para lebah yang sudah memiliki banyak madu (kaum borjuis) sudah tidak bekerja lagi karena mereka sudah memiliki madu yang melimpah. Mereka tidak menghasilkan apa-apa kecuali hanya bersantai-santai.

6. Teori materialis historis
  Para lebah harus bekerja untuk memenuhi hidupnya. Mereka menggunakan alat produksi milik kaum borjuis.

7. Teori alienasi
  Para lebah yang bekerja di Honex tidak semuanya mengenal satu sama lain. Mereka terfokus dengan pekerjaan yang mereka miliki.

8. Teori konflik

  Dari awal film ini, sudah terlihat bahwa inti masalahnya adalah si lebah pekerja (kaum proletar) dipaksa harus bekerja di Honex (borjuis) seumur hidup demi memproduksi madu yang banyak. Lalu, para lebah bersatu (proletar) untuk melawan manusia (kaum borjuis) yang mengambil madu milik para lebah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ANAK TUNANETRA

NILAI RUJUKAN KURIKULUM

SIMULASI MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DAN KREATIF