STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ANAK TUNANETRA
BAB I PENDAHULUAN A. Latar belakang Tunanetra merupakan suatu kondisi tidak berfungsinya indera penglihat ta npa a da seseorang secara sebagian (low vision) atau secara keseluruhan (totally blind). Hal ini dapat terjadi sebelum lahir, saat lahir dan setelah lahir. Faktor penyebab ketunanetraan pada masa sebelum kelahiran (pre-natal) sangat erat hubungannya dengan masalah keturunan dan pertumbuhan seorangan dalam kandungan. Penyebab ketunanetraan pada masa sejak atau setelah kel a hiran (post-natal) diantaranya kerusakan pada mata atau syaraf mata pada waktu persalinan akibat benturan benda keras. Tujuan dari dilakukannya pendidikan untuk tunanetra bukan dari kemampuan kognitif, melainkan untuk melatih kemandirian anak tunanetra. Setiap tunanetra dituntut untuk dapat hidup mandiri. Mandiri di sini berarti ia bias mengurus segala keperluan dirinya sendiri tanpa bantuan orang lain
Komentar
Posting Komentar