Periferal

Periferal adalah sesuatu yang mengacu ke peralatan/perangkat yang mendukung kerja computer tetapi berada diluar CPU (perangkat eksternal) yang dihubungkan dengan computer. Peripheral computer dapat dibagi kedalam dua kategori berdasarkan fungsi , yaitu kategori pertama terdiri atas peralatan yang melaksanakan operasi input dan output. Kategori ini meliputi keyboard, mouse, printer dan display video. Kategori kedua terdiri atas peralatan yang diutamakan pada penyimpanan data sekunder, yang mana penyimpanan utamanya disediakan oleh memori utama computer. Ada banyak sekali peralatan penyimpanan, seperti disk magnetic, optical disk, magnetic tapes, yang mampu untuk menyimpan data yang besar.
Beberapa peralatan periferal yang umum digunakan pada personal computer (PC) adalah keyboard, monitor, mouse, printer, scanner, disk drive, zip drive, CD ROM/DVD ROOM drive, USB flash drive, dan lain-lain.
Karena peralatan periferal itu merupakan perangkat eksternal, maka agar peralatan tersebut dapat berjalan dengan baik dan system Windows dapat mengenal perangkat tersebut sehingga dapat diatur dan dikendalikan, maka diperlukan penambahan software driver. Biasanya software driver disertakan dalam disket atau CD pada saat kita membeli perangkat tersebut.
Tidak semua perangkat periferal perlu penambahan driver, untuk OS Windows XP sudah dapat banyak mengenal perangkat periferal dan tidak perlu menginstal driver lagi (autodetect), seperti perlatan keyboadrd, mouse, monitor, USB Flash Drive, beberapa jenis type printer dan perlatan lainnya. Untuk beberapa peralatan baru lainnya, seperti printer type terbaru, scanner, handphone, camera digital, dan lain-lain, yang tidak dikenal oleh OS komputer, pada saat perangkat itu dihubungkan dengan komputer, secara otomatis OS akan meminta kita untuk menginstal driver dari peralatan tersebut, baik melalui CD ataupun dari sumber lainnya.
1.         Setting Printer
Printer adalah alat untuk menampilkan dan menyajikan hasil pengolahan informasi yang dilakukan oleh komputer dalam bentuk tulisan atau gambar pada media kertas. Penambahan printer pada perangkat komputer Anda harus disertai dengan peng-install-an driver printer tersebut. Khusus untuk printer, terdapat dua cara untuk meng-install driver.
Pertama, dengan menggunakan driver yang sudah disediakan oleh vendor/perusahaan printer. Caranya dengan memasukkan CD driver pada CD ROM, kemudian ikuti langkah-langkah sesuai dengan petunjuk.
Kedua, dapat menggunakan fasilitas yang terdapat pada Windows, dengan cara sebagai berikut.
a. Klik Start. Setting Printer
b. Pilih Control Panel.
c. Klik Printer and Faxes.
d. Dobel klik Add Printer.
e. Klik Next.
f. Pilih jenis printer, misalnya CANON.
g. Pilih Next.
h. Pilih jenis Port, LPT1 atau USB.
i. Pilih Finish (tunggu sampai komputer selesai menginstall).

Cara kedua ini dapat dilakukan apabila jenis dan tipe printer yang kita gunakan terdapat atau dikenal oleh sistem Windows. Jika tidak ada, maka kita harus menggunakan cara pertama untuk mensetting Printer.

2. Setting Monitor
Agar didapatkan kenyamanan dalam bekerja dengan komputer, harus dilakukan setting monitor pada komputer Anda. Cara melakukan setting monitor, yaitu dengan cara mengklik Start-Control Panel. Kemudian, pilih ikon Display. Setelah itu, akan muncul kotak dialog menu Display Properties.

Berikut merupakan tab-tab yang ada pada kotak dialog menu Display Properties.
a. Themes

Themes adalah latar belakang dari display monitor yang biasanya terdiri atas suara, ikon, dan elemen-elemen yang lain.

b. Desktop
Desktop adalah menu untuk menentukan gambar latar belakang layar. Tampilan desktop atau wallpaper dapat kita ganti dengan gambar-gambar yang disediakan oleh Windows ataupun dengan gambar-gambar lain dari file gambar yang kita miliki. Langkah-langkah untuk mengatur wallpaper adalah sebagai berikut.
1) Klik kanan pada desktop. Pada menu yang muncul, klik Properties. Kotak dialog akan ditampilkan. Klik tab Desktop.
2) Pada bagian Background, pilihlah wallpaper yang kita inginkan. Jika ingin menggunakan gambar dari file sendiri, klik Browse. Kotak dialog Browse akan ditampilkan. Carilah folder di mana gambar yang ingin kita jadikan wallpaper nya.
3) Klik tombol Open. Kotak dialog Display Properties akan kembali ditampilkan.
4) Di kotak pilihan Position, pilihlah posisi gambar untuk ditempatkan di desktop.
5) Klik tombol OK. Wallpaper desktop akan diganti sesuai dengan gambar yang kita pilih.

c. Screen Saver
Screen saver digunakan untuk mengubah tampilan layar apabila komputer tidak digunakan untuk jangka waktu tertentu. Screen saver, yaitu animasi yang dapat berupa gambar atau teks yang ditampilkan apabila komputer tidak menerima respon dari pengguna melalui keyboard atau mouse dalam selang waktu tertentu. Sesuai dengan namanya, screen saver ditampilkan untuk mencegah kerusakan pada layar monitor akibat menampilkan tampilan yang sama secara terus-menerus.
Pada saat mengatur screen saver, kita dapat mengatur gambar atau teks yang ditampilkan dan selang waktu berapa lama hingga screen saver ditampilkan. Jika kita tidak ingin orang lain menggunakan komputer kita pada saat screen saver ditampilkan, kita dapat menambahkan password pada screen saver.
Mengatur screen saver dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
1) Klik kanan pada desktop. Pada menu yang muncul, klik Properties. Kotak dialog Display Properties akan ditampilkan. Klik tab Screen Saver.
2) Pada kotak pilihan Screen Saver, pilihlah screen saver yang ingin digunakan.
3) Pada kotak isian Wait, aturlah waktu sebelum screen saver ditampilkan.
4) Klik tombol OK

d. Appearance
Appearance digunakan untuk menentukan warna-warna pada layanan kotak dialog.

e. Settings
Settings digunakan untuk menentukan resolusi layar dan kualitas warna monitor.

3. Setting Mouse
Dalam Control Panel juga tersedia Mouse Properties yang digunakan untuk mengubah tampilan mouse di monitor. Pada Mouse Properties dapat dilakukan pemilihan untuk Button Configuration, untuk memfungsikan, klik/eksekusi pada mouse, orang Indonesia umumnya menggunakan tangan kanan untuk bekerja sehingga pada Button pilih Right-handed. Jika kita menggunakan mouse tangan kiri, maka pilihlah Left-handed. Double Click Speed untuk kecepatan dobel klik. Pointers untuk mengganti bentuk pointer yang aktif.
Untuk mengubah tampilan mouse dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
a. Klik menu Start.
b. Pilih Control Panel.
c. Setelah muncul jendela Control Panel, dobel klik pada Mouse.
d. Pada Mouse Properties dapat dilakukan pemilihan untuk Button configuration, untuk memfungsikan, klik pada mouse. Untuk bekerja menggunakan tangan kanan pilih Right-handed, untuk bekerja dengan tangan kiri pilih Left-handed.
e. Klik OK.

4. Setting Regional and Language Options
Regional and Language Options merupakan menu yang digunakan untuk mengatur format angka, menentukan jenis mata uang yang akan dipakai, dan pengaturan waktu.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ANAK TUNANETRA

NILAI RUJUKAN KURIKULUM

SIMULASI MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DAN KREATIF